Jumat, 08 Maret 2013

Dampak Positif dan Negatif Facebook

Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Ya, facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini , mulai dari anak kecil , remaja maupun orang dewasa dan lanjut usia.

Dan sudah sewajarnya, setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook, punya dampak positif dan negatif juga.

Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook:

Dampak Positif : Mempererat silaturahmi
Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa mudah menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
 
Media promosi
Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. seperti saya mempermosikan hasil karya perkulihan atau diluar perkulihan dan Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

Sarana diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup. yang bisa lebih akrab dan kompak.

Tempat curhat
yang ini mungkin bisa juga, kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, mengeluarkan unek-unek di dalam otak kita, tapi saya tidak terlalu suka curhat yang berpanjangan di facebook. karena saya tidak suka aja orang mengetahui saya lagi bt atau gak nya. saya kadang menulis status gak jelas gitu. tapi tetep aja ada yang comment . hhehehee! para teman-teman di facebook selalu mendukung dan semangatin gitu hheheh :) 

Dampak Negatif :

Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia untuk hal yang kurang bermanfaat
Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan.
 
Malas belajar, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan
La wong facebookan terus, akibatnya secara tidak langsung, kita mengalami apa yang namanya... pembodohan yang menyenangkan.

Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
Ya, namanya juga dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk, dan saya korban penipuan , ada yang membuat akun facebook atas nama saya dan foto0foto pribada saya. dan saya baru tau ada yang bilang dari teman SMA waktu dia menayakan facebook saya. tapi yang keluar namanya banyak ada 4 facebokk atas nama saya dan foto- foto saya, akhirnya saya seldikin , siapa yang membuat akun facebook atas nama saya, ketika saya kirim wall ke dinding facebook atas nama saya , berapa hari kemudian ada yang comment wall an saya, orang itu bilang saya tau siapa yang buat facebook kakak, ternyata yang buat itu disebut juga fans saya yang tinggal di jakarta pusat, dia berbuat itu untuk balas dendam ke mantan pacar nya.tapi dia sudah minta maaf atas berbuatan dia. tinggal 2 facebook lagi yang masih aktif saya pun gak tau siapa yang buat.  karena saya mempunya 1 akun facebook aja atas nama noor ruslan mamur II.  

Hmmm, menurutku mungkin baru beberapa hal itu saja dampak positif dan negatif penggunaan facebook, silakan kalau ada yang mau menambahkan. Pesanku, gunakan teknologi baru dengan sebaik - baiknya untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang baik, bermanfaat, dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar